Halaman

Translate

Minggu, 22 Juli 2012

MAKNA SHAUM

ari Ibnu Mas'ud Nabi bersabda: Penghulunya bulan adalah bulan Ramadhan dan penghulunya hari adalah hari Jum'at. (HR. Thabraniy).

Dari Abi Mas'ud Nabi bersabda: " Kalaulah manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka akan mengaharapkan bahwa Ramadhan itu selama satu tahun." (HR. THabraniy, Ibnu Khuzaimah, Baihaqqiy)


Dari Abu Hurairah RA Rasul bersabda: " Apabila datang bulan puasa dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka". (HR. Bukhari dan Muslim)


Dalam hadith yang lain Rasul bersabda: " Apabila datang malam pertama bulan Ramadan para syaitan dan jin kafir akan dibelenggu, semua pintu neraka ditutup sehingga tidak ada satu pintupun yang terbuka, dan dibuka pintu-pintu syurga sehingga tidak ada satupun yang tertutup. Lalu terdengara suara seruan: " Wahai pencari kebaikan datanglah, waha pencari kejahatan kurangkanlah. Pada malam itu ada orang-orang yang dibebaskan dari Neraka. Dan yang demikian itu terjadi pada setiap malam". (HR. Tirmizdi dan Ibnu Majah, Shahih dengan syawahid)


Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda: " Barang siapa berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan penuh harap maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Dan barangsiapa yang shalat malam pada bulan puasa maka akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu". (HR. Bukhari dan Muslim)

Waktu Berpuasa

Ibadah puasa dimulai sejak masuknya waktu sholat subuh (fajar shadiq) hingga terbenamnya matahari (masuk waktu sholat Maghrib). Allah menerangkan di dalam al-Qur'an dengan istilah benang putih dari benang hitam. Sedangkan di dalam hadith Rasul, disebutkan: " Apabila telah datang malam dari arah sini dan telah berlalu siang dari arah sini maka itulah saatnya berbuka puasa". (HR. Bukhari dan Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.